Cara Pasang Penangkal Petir

Memang Dalam pemasangan Anti Petir harus mengikuti prosedur dan standart yang ada. Prosedur peasangan yang harus anda perhatikan
> Besaran Kawat penghantar
> Nilai Gronding
> Ketinggian Ujung penerima petir

Memang sebaiknya untuk orang awam jangan pernah melakukan pemasangan sendiri kecuali di bantu oleh orang orang profesional di bidang ini. Kami siap membatu jika anda menginginkan bantuan dari kami Jaka digital si ahli petir. Saya disini hanya menjelaskan Cara pemasangan penangkal petir dan hal hal yang harus di perhatikan:

1. Pembuatan Grounding
Dalam pembuatan Grounding tekstur tanah sangat mempengaruhi agar penangkal petir berfungsi secara optimal.  Tekstur tanah yang baik untuk pembuatan Grounding:
> Tingkat keasaman tanah tinggi
> Tanah yang memiliki kandungan garam tinggi
> Tanah yang memiliki kandungan air tinggi
Untuk mengukur Standart Grounding  anda bisa menggunakan alat ukur resistansi tanah, Nilai tahanan yang standart adalah 5 Ohm. Bahan yang digunakan untuk Grounding juga harus terbuat dari bahan Conduktor Misalkan:
> Tembaga
> Stainless
> Galvanise
Untuk kedalaman grounding sendiri untuk setiap wilayah berbeda, ada wilayah yang dengan kedalaman 6 meter sudah baik ( sudah memiliki nilai resistansi di bawah 5 Ohm , Tetapi ada wilayah tertentu yang sudah dilakukan pengeboran 20 meter bahkan lebih tetapi belum memiliki nilai resistansi yang baik ( masih diatas 5 Ohm ). Faktor tekstur tanah di ataslah yang sangat berpengaruh terhadap hasil pengeboran tersebut.
Pemasangan Kabel Penangkal Petir
Semakin Pendek Panjang Bentang Penghantar maka Tahanan Bahan Akan semakin Kecil  Belokan kabel haruslah dihindari bila membentuk sudut runcing ( kurang dari 90 ‘ ) dan Bila ada belokan harus membentuk sudut radian ( lingkar ) agar tidak terjadi Side Flashing yang bisa menimbulkan aliran liar petir di struktur bangunan . Standart teknis kabel yang di gunakan adalah minimal 50 mm” ( SNI ) penggunaan kabel lebih dari 50 mm sangat kami sarankan walau agak mahal , bentuk Kabel penghantar bisa berbagai macam , Kawat Terpilin atau Batang Konduktor juga bisa sebagai pilihan

Pemasangan Ujung Finial Penangkal Petir
Biasanya Terdapat beberapa teknis penyambungan yang kadang kala sedikit berbeda karena ada perbedaan di pabrikan pembuatnya , tetapi pada pokoknya kabel penghantar haruslah terhubung dengan kuat dan elektris dengan ujung finial.

Standart kabel yang di gunakan adalah minimal 50 mm” ( SNI ), untuk memilih kabel dengan ukuran kurang dari 50 mm” tidak di sarankan walau kenyataan di lapangan banyak yang menggunakannya. penangkal petir - rumah Langkah pertama yang harus di lakukan adalah memilih jalur penurunan kabel , ada 3 hal penting dalam pemilihan jalur kabel ini. Pertama =>jalur terpendek dengan pertimbangan hemat material kabel dan dengan keuntungan teknis tahanan kabel kecil, Kedua => Usahakan agar saluran elektris tersebut mendapatkan jalan tercepat kedalam tanah Sesedikit mungkin belokan agar tidak terjadi loncatan keluar jalur kabel (Side Flasing) atau patahan pada isolasi Ketiga => Seluruh sisi ujung bubungan bangunan sebaiknya diberi jalur kabel mendatar Pekerjaan pemasangan penangkal petir dimulai dari bawah yaitu pembuatan grounding pertanahan terlebih dahulu hal ini untuk mengetahui tahanan sebaran tanah yg di inginkan atau sesuai standart yang berlaku sekaligus mempermudah dalam pemasangan. Ada berbagai bahan yang bisa digunakan sebagai grounding As Coper Copper Bond BCC + pipa